BERITA

Dishubkominfo Jalin Kerjasama Dengan LIPI


SLAWI - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tegal melakukan kerjasama dengan Balai Informasi Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Dishubkominfo, Drs. Kushartono HR dan Kepala UPT Balai Informasi Teknologi LIPI, Evandri, M.Eng.Sc, Jumat (22/07/2016) kemarin di kantor Dishubkominfo setempat.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekdin Dishubkominfo, Satriyo Agustino,S.IP, Kabid Diseminasi Infokom dan Kemitraan Media, Drs. Heri Supriyadi dan para pejabat UPT Balai Informasi Teknologi LIPI.

Kerjasama yang diteken kedua belah pihak utamanya tentang Pengembangan Budaya Pemanfaatan Iptek masyarakat Kabupaten Tegal melalui diseminasi kegiatan dan hasil-hasil penelitian LIPI.

Maksud perjanjian tersebut untuk mewujudkan kepedulian dan partisipasi kedua belah pihak dalam memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan tujuannya untuk mendayagunakan informasi Iptek, khususnya mengenai kegiatan dan hasil-hasil penelitian LIPI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Tegal, Drs. Kushartono sangat merespons kerja sama ini karena sesuai dengan Visi Dishubkominfo yaitu terwujudnya kinerja perhubungan komunikasi dan informatika yang handal dalam mendukung pembangunan daerah, khususnya kinerja bidang komunikasi dan informatika.

“Salah satu manfaat yang akan diperoleh dengan adanya kerja sama ini antara lain; daerah dan masyarakat Kabupaten Tegal akan memperoleh data informasi kegiatan dan hasil-hasil penelitian LIPI secara rutin dan berkala serta pengembangan budaya dan pemanfaatan iptek dalam kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dan sektor-sektor kehidupan lainnya,” ujarnya.

Menurut Kushartono, data dan informasi dari LIPI akan disiarkan di LPPL Slawi FM serta dapat di akses pula pada saat pameran Hari jadi Kabupaten Tegal karena LIPI akan buka stand pada ajang pameran rutin tersebut.

Selain itu, lanjutnya, kerja sama ini juga dalam rangka menyiapkan dan mendukung akan dibangunnya Slawi TV. Sebab pihak LIPI akan siap mensuport produksi multi medianya khususnya dalam bentuk film ilmu pengetahuan untuk nanti disiarkan atau ditayangkan di SLAWI TV.

“Jadi kami sudah mendapat dukungan dari LIPI terkait materi kontens film ilmu pengetahuan untuk nanti disiarkan di SLAWI TV,” tegas Kushartono.

Sementara itu Kepala Balai Informasi Tehnologi LIPI, Evandri, M.Eng,Sc mengatakan, salah satu penyebab lemahnya daya saing bangsa dan kemampuan iptek ditunjukan dengan belum berkembangnya budaya iptek dikalangan masyarakat. Untuk itulah dibutuhkan diseminasi atau penyebarluasan informasi hasil penelitian dan pengembangan ke dunia usaha, industri dan masyarakat melalui penyediaan informasi teknologi.

Penandatanganan MoU ini merupakan salah satu upaya untuk penyebarluasan informasi sampai ke stakeholder tingkat paling bawah yaitu masyarakat secara langsung melalui siaran radio dan televisi lokal/ daerah. ”Kami sangat berharap kerja sama ini dapat berjalan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (s@n)



Old News