BERITA

DINAS HUBKOMINFO ADAKAN RAKOR MENARA TELEKOMUNIKASI


SLAWI - Bertempat di Kantor Bidang Teknologi Informasi, Pos dan Telekomunikasi (TI dan Postel) Dinas Hubkominfo Kabupaten Tegal, Rabu (18/11/2015) diadakan rapat koordinasi Pembahasan Menara Telekomunikasi.

Rapat dihadiri oleh tim Pengawas dan Pengendalian Menara Telekomunikasi Kabupaten Tegal, yang beranggotakan Dinas Hubkominfo, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Satpol PP dan Bagian Hukum Setda.

Adapun tugas masing-masing anggota tim, yaitu BP2T kaitannya dengan izin mendirikan bangunan, DPU untuk struktur bangunan menara, Dinsosnakertrans dalam urusan Sertifikasi perangkat menara (grounding/penangkal petir), BLH adalah penerbitan SPPL (Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup), Satpol PP yaitu penegakan Perda, Bagian Hukum Setda dalam hal perlindungan hukum serta Dinas Hubkominfo sendiri adalah rekomendasi titik koordinat menara telekomunikasi

Kepala Bidang TI dan Postel Dinas Hubkominfo, Drs. Saeful Mizan yang membuka acara siang hari itu, mengatakan bahwa diadakan pertemuan tersebut atas dasar rapat di Komisi I DPRD Kabupaten Tegal beberapa hari yang lalu, yang menyatakan ada beberapa  menara telekomunikasi yang di duga tidak berijin.

"Atas dasar tersebut kita berkumpul di sini untuk menyamakan persepsi kaitannya dengan hal itu, baik data dan semua hal yang terkait dengan menara telekomunikasi",  tambah Saeful.

Saeful juga mengatakan bahwa kedepan akan dibuat SIMDAMENTEL (Sistem Informasi Pengendalian Menara Telekomunikasi), memuat semua data yang terkait dengan menara telekomunikasi dan bertujuan untuk memudahkan Pemerintah Daerah dalam pelayanan dan pengendalian.

Adapun yang akan dimuat dalam SIMDAMENTEL, diantaranya yaitu permasalah dengan warga setelah menara berdiri, rekomendasi pendirian menara, izin mendirikan bangunan, SPPL dari BLH serta sertifikasi penggunaan perangkat pada menara telekomunikasi yatu penangkal petir/grounding.

Diharapkan, setelah adanya Sistem Informasi tersebut menara telekomunikasi yang ada di Kabupaten Tegal akan tertib baik perizinan dan semua hal yang terkait.  [Nch]



Old News