BERITA

Parlementaria Bahas Parkir Berlangganan


SLAWI- Acara Parlementaria yang disiarkan secara rutin setiap hari selasa oleh Radio Slawi Ayu FM pada 24 Agustus kemarin diisi oleh Komisi II DPRD Kabupaten Tegal. Dalam kegiatan tersebut, Komisi  II DPRD Kabuaten Tegal memberi apresiasi terkait dengan Perda Kabupaten Tegal yang baru Tentang Parkir Berlangganan, yang akan direalisasikan mulai tahun 2016 medatang, jika di setujui oleh Bupati Tegal Entus Susmono.

"Kami memberi apresiasi atas kebijakan regulasi terhadap rancangan parkir berlangganan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah", kata Ketua Komisi II Nursidik..

Menurut Nursidik, kalau berbicara tentang pendapatan dan pengeluaran asli daerah ini, tugas dari komisi II adalah bagaimana mengatur agar pendapatan asli daerah bisa meningkat. Untuk itu, sumber -sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tegal yang berasal dari pajak daerah seperti pariwisata, rumah sakit, pasar, lelang, dan parkir agar bisa dimaksimalkan.

"Jika dihitung secara matematis terakit dengan kebijakan Parkir Berlangganan, maka Pemerintah Kabupaten Tegal pertahunnya dari parkir saja bisa mencapai Rp. 3-5 M. Hal ini merupakan  pencapaian yang sangat baik sekali untuk pertumbuhan pembangunan jika berjalan lancar. Disamping itu, ini merupakan prestasi tersendiri bagi Drs. Kushartono HR yang baru saja menjabat Kepala Dishubkominfo Kabaupaten Tegal". Kata Nursidik mengakhiri pembicaraannya.

Sementara itu, Kepala Disbubkominfo Drs.Kushartono HR mengatakan, target pemasukan daerah dari parkir tahun ini sebesar 300 juta rupiah memang belum memenuhi target. Dalam hal ini, Dishubkominfo berupaya semaksimal mungkin agar target tersebut bisa terpenuhi. "Padahal petugas dari Dishubkominfo sudah bekerja semaksimal mungkin, namun target tersebut belum juga terpenuhi". Tambahnya".

Terkait dengan hal tersebut, maka menurut Kushartono perlu ada kajian yang mendalam lagi terkait dengan kebijakan tentang Parkir Berlangganan. Karena, menurutnya masih ada poin-poin yang harus dibenahi terlebih dahulu, mulai dari tata cara pembayaran, sistematika dilapangan dan perpanjangan masa berlangganannya. "Dengan adanya Perda Parkir Berlangganan ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah yang saat ini masih kecil daripada daerah-daerah lainnya terutama pemasukan dari parker". Harapnya. [Skr]



Old News