BERITA

Forum SKPD Dishubkominfo : 58 Perlintasan Sebidang Lewati Jalur Kesambi-Tegal


SLAWI - Forum SKPD Dinas Hubkominfo Tahun 2015 yang berlangsung hari Kamis (05/03) membahas sejumlah permasalahan, baik yang terkait dengan bidang perhubungan maupun komunikasi dan informatika. Permasalahan yang mencuat dalam forum ini adalah kenyataan bahwa masih banyak perlintasan sebidang yang belum memiliki palang pintu di wilayah Kabupaten Tegal.

 

Menurut Sarwono, pegawai PT KAI dari Daop V Purwokerto mengatakan bahwa jalur kereta api yang melintasi wilayah Kabupaten Tegal dari Kesambi sampai Tegal terdapat 58 perlintasan sebidang. “Dari jumlah perlintasan sebidang yang ada di jalur Kesambi-Tegal baru tersedia 14 posko palang pintu. Di mana, 11 merupakan Petugas Jaga Lintasan (PJL) dari PT Kai Daop V Purwokerto sementara 3 PJL dari Dishubkominfo Kabupaten Tegal,” terang Sarwono.

 

Masih banyaknya perlintasan sebidang yang belum memiliki PJL ini tentu membawa sejumlah permasalahan, yaitu banyak kejadian lakalantas yang melibatkan kereta dengan kendaraan bermotor maupun penyeberang rel kereta. Bambang Marsudianto, anggota Polres Tegal mengatakan bahwa kejadian lakalantas karena tidak ada palang pintu ini kerap terjadi. Oleh karena itu, perlu diupayakan pembuatan palang pintu diperlintasan sebidang di mana volume lalu lintasnya tinggi. “Upaya pembuatan palang pintu diperlintasan sebidang adalah upaya preventif untuk mencegah lakalantas. Kami mengapresiasi jika Dishubkominfo Kabupaten Tegal telah membuat posko palang pintu di wilayah Kabupaten Tegal,” kata Bambang.

 

Dikesempatan yang sama Sarwono mengatakan bahwa berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2007 bahwa perlintasan sebidang harus dihilangkan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, kedepan perlintasan sebidang dengan volume kendaraan tinggi perlu dibuatkan jalan layang atau terowongan di bawah rel kereta api. (aji)



Old News