BERITA

LAUNCHING LAYANAN ADUAN MASYARAKAT


SLAWI-Senin, 2 Pebruari 2015 Pemerintah Kabupaten Tegal resmi melaunching salah satu sarana layanan aduan masyarakat “Kabar Bupati” yang disiarkan secara langsung Radio Slawi Ayu FM. Acara yang secara rutin disiarkan Radio Slawi FM setiap hari senin pagi mulai pukul 08.00 WIB akan dihadiri langsung Bupati Tegal Enthus Susmono.

Kabar Bupati ini, diadakan dalam rangka untuk mewadahi pengaduan dari masyarakat atas penyelenggaraan fungsi pemerintahan, dan juga untuk efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Hubkominfo) Kabupaten Tegal Drs. Kushartono HR pada saat launching Siaran Perdana Bupati Tegal dalam acara “Kabar Bupati” di Ruang Siaran Radio Slawi Ayu FM.  

“Radio Slawi Ayu FM merupakan media elektronik di Kabupaten Tegal yang bertugas menangani pengaduan dari masyarakat secara langsung yang disampaikan melalui sms geteway dan telepon langsung dan dapat didengarkan melalui gelombang 99.3 FM setiap hari senin pukul 08.00 WIB”. Demikian ungkap Kushartono.

Dikatakan Kushartono, layanan pengaduan masyarakat ini akan diatur melalui Peraturan Bupati Tegal yang saat ini masih dalam pembahasan, dengan tujuan agar pelayanan penanganan pengaduan masyarakat dapat ditangani lebih baik, lebih terkoordinasi, benar, efektif dan efisien, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik yang baik dan bersih dari KKN.

Menurut Kushartono, pengelola pengaduan masyarakat di Kabupaten Tegal nantinya terdiri dari Bagian Humas Setda Kabupaten Tegal yang menangani pengaduan langsung dari masyarakat atau secara lisan melalui temu muka kepada Bupati yang pengaduannya melalui surat maupun sambungan telepon. Kemudian, Dishubkominfo menangani pengaduan masyarakat melalui websiste dan media cetak Pemerintah Kabupaten Tegal. Disamping itu, masing-masing SKPD juga menangani pengaduan langsung atau secara lisan melalui temu muka dengan Kepala SKPD maupun kotak pengaduan atau saran di masing-masing SKPD.

Dalam siaran perdananya, Bupati Tegal Enthus Susmono dengan gaya khasnya yang kocak menjawab setiap aduan yang disamapaikan masyarakat, baik yang disampaikan melalui sms geteway 081548004040 maupun melalui sambungan telepon (0283) 491977. Dalam aduannya, masyarakat lebih banyak menyampaikan keluhannya yang berkaitan dengan infrastruktur, pelayanan birokrasi pemerintahan kepada masyarakat baik itu pelayanan KTP, KK dan Pelayanan  Kesehatan.

"Kabar Bupati ini merupakan salah satu media pengaduan masyarakat, sebagai langkah awal untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat", tegas Bupati.

Dikatakan Bupati Enthus, Pemerintah Kabupaten Tegal berkomitmen untuk menjadikan setiap pengaduan masyarakat sebagai umpan balik bagi perbaikan pelayanan. Kabar Bupati merupakan fasilitas khusus yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal bagi masyarakat untuk menyampaikan secara langsung melalui media elektronik Radio Slawi Ayu FM baik dalam bentuk saran, masukan, bahkan pengaduan berkaitan dengan pelayanan Pemerintah.

“Setiap pengaduan yang disampaikan baik melalui SMS ke 081548004040, telepon (0283) 491764 pswt 31, atau melalui website dan Koran Suara Pertiwi, dipastikan akan ditindaklanjuti. Bagi kami, seluruh aspirasi masyarakat merupakan hal yang sangat penting guna melakukan introspeksi, perbaikan pelayanan dan perencanaan pembangunan yang lebih tepat sasaran”. Demikian ia menandaskan.  [Skr]



Old News