BERITA

Perangkat Desa di 6 Kecamatan Ikuti Bimtek Komputer


SLAWI - Bertempat di Laboratorium Komputer Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal, berlangsung bimbingan teknis komputer bagi perangkat desa di enam kecamatan, yaitu Bojong, Dukuhwaru, Pangkah, Lebaksiu, Margasari dan Suradadi. Bimbingan teknis ini berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa (20/5) sampai dengan Kamis (22/5) bekerjasama dengan PT Telkom Slawi.

Pelaksanaan bimtek ini merupakan bentuk persiapan aparatur pemerintah di tingkat desa dalam rangka menyongsong implementasi Undang-Undang tentang Desa. Menurut Kepala Bidang TI dan Postel Dishubkominfo Kabupaten Tegal, Drs Saiful Mizan, bahwa tujuan bimtek adalah untuk mempersiapkan SDM di desa agar pelayanan publik menjadi lebih cepat. "Bimbingan teknis komputer ini merupakan bentuk atas persiapan aparatur pemerintah guna memberikan pelayanan yang lebih baik, sesuai dengan Progam Cinta Desa Bupati/Wakil Bupati Tegal," jelas Saiful.

"Bimtek ini merupakan kelanjutan atas pelaksanaan bimtek selanjutnya. Materi yang diberikan adalah pembuatan email dan program aplikasi Sistem Informasi Manajemen Desa (Simade). Seluruh biaya bimtek dibiayai oleh PT Telkom Slawi beserta perangkat komputernya," tambah Saiful.

Sementara itu, Akhmad Fatoni, selaku perwakilan dari PT Telkom Slawi mengatakan bahwa keterlibatan PT Telkom dalam bimtek ini adalah bentuk kepedulian terhadap peningkatan aparatur di pemerintahan desa dalam mengenal internet. "PT Telkom berkomitmen untuk memberikan pengetahuan internet sehat kepada aparatur di desa. Hal ini guna mengantisipasi maraknya perilaku internet negatif. Sehingga, dengan orang tua mengenal internet, maka dapat mengetahui situs apa saja yang sudah dibuka oleh anak-anaknya ketika berinternetan," kata Fatoni.

"Pelaksanaan bimtek ini akan dilakukan untuk seluruh perangkat desa dan Kasi Kominfo di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. Sementara ini sudah 8 kecamatan yang telah mengikuti bimtek ini, sehingga masih ada 10 kecamatan yang akan diberikan bimtek komputer ini," pungkas Saiful. [Aj]



Old News