BERITA

Wakil Bupati Tegal Buka Workshop Komputer dan Sistem Informasi Manajemen Desa


SLAWI-Dinas Perhubungan, Komuniksi dan Informatika Kabupaten Tegal mengadakan Workshop Komputer dan Sistem Informasi Manajemen Desa (Simade) bagai Aparatur Pemerintah khususnya bagi Kasi Kominfo dan Perangkat Desa/kelurahan se Kabupaten Tegal, yang bertempat diruang Laboratorium Komputer Dishubkominfo setempat, kamis (24/4).

Drs. Saeful Mizan Kabid Teknologi Informasi dan Postel Dishubkominfo Kab Tegal dalam laporannya menyampaikan, peserta yang diundang dalam kegiatan itu sebanyak 305 orang dari 18 Kasi Kominfo Kecamatan dan 287 perangkat desa/kelurahan se Kabupaten Tegal sehingga kegiatan ini dilakukan selama 9 kali, yang dalam sehari ada 2 kecamatan untuk kelas pagi dan siang. Narasumber berasal dari Tim Teknologi Informasi dan Komunikasi Dishubkominfo Kab Tegal dan PT. Telkom Indonesia Kandatel Slawi, dengan materi Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pengantar Simade, Pengenalan Internet dan Pemanfatan Email atau surat elektronik.

"Anggaran Workshop Komputer dan Sistem Informasi Manajemen Desa ini merupakan CSR atau Corporate Social Responsibility dari PT. Telkom Indonesia", ungkap Sayefiul Mizan mengakhiri laporannya.

Wakil Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah mengawali sambutannya menyambut baik kegiatan workshop yang bertujuan agar aparatur di tingkat Kelurahan dan Desa dapat mengenal dasar-dasar komputer, sehingga Aparatur Pemerintah Desa/Kelurahan dapat beradaptasi dengan manajemen kelurahan/desa yang terkomputerisasi dengan adanya Sistem Informasi Manajamen Desa atau SimAde.

Menurut Umi Azizah, kalau melihat perkembangan desa yang maju sekarang ini, baik dari aspek administratif maupun teknologi, mengharuskan agar proses pelayanan publik dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk itu, sangat dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dan  salah satunya adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen desa. Tentunya, untuk mewujudkan akselerasi penyelenggaraan administrasi publik yang efisien, efektif, berkeadilan dan penyajian data administrasi tugas-tugas pokok pemerintahan yang cepat, tepat, dan akurat, maka perlu didukung dengan tenaga-tenaga yang profesional atau yang memiliki kompetensi dalam memanfaatkan Teknologi Informasi. Dalam hal ini, seluruh tatanan pemerintah tak terkecuali para aparatur pemerintah di tingkat desa dan kelurahan, harus peka terhadap perkembangan teknologi informasi yang canggih ini.

"Untuk itu, dengan adanya Workshop komputer ini, saya berharap dapat menghasilkan output kerja yang tidak hanya tepat sasaran, tetapi juga mengedepankan asas efisiensi dalam berbagai hal, dan berjalan sesuai dengan harapan. Kemudian, saya juga berharap setelah mengikuti Workshop ini, kinerja para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal dapat terus ditingkatkan, sehingga bisa mendapatkan suatu pencapaian yang optimal". Ujar Wakil Bupati Tegal. [Skr]



Old News