BERITA

Rapat Evaluasi Anggaran Dinas Hubkominfo


SLAWI – Bertempat di ruang pertemuan Dinas Hubkominfo Kabupaten Tegal, Senin (14/01) diadakan rapat Evaluasi Anggaran Dinas Hubkominfo tahun 2013, yang diikuti pejabat struktural dan pengelola keuangan di lingkungan Dinas Hubkominfo.

Rapat dibuka oleh Sekretaris Dinas Hubkominfo, Poedji Hastoeti, SH.

“APBD Pemerintah Kabupaten Tegal sudah digedog atau diputuskan akhir bulan Desember tahun 2012 kemarin. Maka dari itu, hari ini kita adakan rapat dengan harapan Tahun Anggaran 2013 bisa lebih baik dari pada tahun sebelumnya”, kata Poedji.

Penerimaan Retribusi Daerah Dinas Hubkominnfo yang merupakan PAD tahun 2013 ditargetkan sebesar Rp 3.433.352.000,- dan untuk belanja langsungnya adalah Rp 2.183.234.000,-.

Retribusi pada Dinas Hubkominfo berasal dari Retribusi Jasa Umum dan Retribusi Jasa Usaha. Untuk Retribusi Jasa Umum adalah retribusi pelayanan persampahan/kebersihan, retribusi pelayanan parkir tepi jalan umum, retribusi pengujian kendaraan bermotor dan retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

 Adapun retribusi jasa usaha adalah retribusi kekayaan daerah (sewa kios dan sewa tanah) dan retribusi terminal, retribusi tempat khusus parkir, retribusi pengolahan limbah cair, retribusi penjualan produksi usaha daerah dan retribusi perizinan tertentu.

Dari jumlah target yang penerimaan retribusi memang ada beberapa UPTD yang merasa keberatan kaitannya dengan kondisi di lapangan, namun oleh Kepala Dinas, Drs Eko Jati Suntoro, MSi, hal tersebut janganlah dijadikan beban.

“Anggaran yang telah ditetapkan oleh DPRD, tinggal diikuti saja. Penetapan tersebut bukanlah harga mati. Kendala-kendala apa yang ada di lapangan bisa dikoordinasikan seiring dengan berjalannya kegiatan”, kata Eko.

 Untuk pelaksanaan kegaiatan yang akan dijalankan, dalam rapat itu juga ditetapkan para pejabat pengelola keuangan/kegiatan, yaitu PPKom (Pejabat Pembuat Komitmen), PPK (Pejabat Penatausahaan Keuangan), PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan), PPHP (Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan), Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Pembantu Bendahara Penerimaan dan Pembantu Bendahara Pengeluaran. [Nch]