Bidang Teknologi Informasi, Pos dan Telekomunikasi

 

NAMA JABATAN              :     KEPALA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI,  POS DAN TELEKOMUNIKASI

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Bidang Teknologi Informasi, Pos dan Telekomunikasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Teknologi Informasi, Pos dan Telekomunikasi mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika;
  3. pelaksanaan pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang teknologi informasi, pos dan telekomunikasi.

 

B. URAIAN TUGAS :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika;
  3. Melaksanakan pelayanan teknis di bidang pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika, sesuai dengan standarisasi dan ketentuan yang berlaku.
  4. Melaksanakan pembinaan pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika;
  5. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanakan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  7. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  8. Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan  oleh Atasan sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB  :

  1. Tersedianya  bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika;
  3. Terlaksananya pengembangan teknologi informasi, pos dan telekomunikasi, dan aplikasi telematika;
  4. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang teknologi informasi, pos dan telekomunikasi;
  5. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

 

NAMA JABATAN          :     KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :

Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Informasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Teknologi Informasi, Pos Dan Telekomunikasi dalam melakukan pengembangan teknologi informasi.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Informasi mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan teknologi informasi;
  3. pelaksanaan penelaahan dan pengembangan teknologi informasi;
  4. pelaksanaan pengembangan aplikasi informasi;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pengembangan teknologi informasi.

 

B.  URAIAN TUGAS  :

  1. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan teknologi informasi;
  3. Melakukan pengembangan teknologi informasi  sebagai bahan pelaksanaan kegiatan pengembangan sistem informasi di daerah;
  4. Melakukan pengembangan sistem komunikasi berbasis teknologi informasi secara internal pemerintah daerah, antara pemerintah daerah dengan publik, dan fasilitasi sarana teknik telematika untuk pelayanan publik di daerah.
  5. Melakukan pengembangan  pelayanan dan sistem jaringan serta piranti keras di bidang informasi dan telematika;
  6. Melakukan pembinaan/bimbingan teknis di bidang teknis jaringan;
  7. Melakukan penetapan standard teknis pada setiap pengadaan komputer dan peralatan telekomunikasi pada seluruh satuan kerja di jajaran pemerintah Kabupaten Tegal dalam rangka efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan;
  8. Melakukan pengelolaan website  dan penyusunan database secara  elektronik dalam rangka penyediaan informasi publik;
  9. Melakukan pengelolaan dan dukungan kegiatan perhubungan, komunikasi dan informasi publik melalui multi media;
  10. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  11. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  12. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  13. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  14. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB  :

  1. Tersedianya data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan teknologi informasi;
  3. Terlaksananya penelaahan dan pengembangan teknologi informasi;
  4. Terlaksananya pengembangan aplikasi informasi;
  5. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pengembangan teknologi informasi
  6. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

 

18.  NAMA JABATAN      :      KEPALA SEKSI POS DAN TELEKOMUNIKASI

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pos dan Telekomunikasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Teknologi Informasi, Pos dan Telekomunikasi dalam melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pos dan Telekomunikasi mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  3. pelaksanaan pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pos dan telekomunikasi.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  3. Melakukan kegiatan teknis dan administratif serta fasilitasi kegiatan yang berhubungan dengan pos dan telekomunikasi.
  4. Melakukan pengawasan dan pelayanan perizinan kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  5. Melakukan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  6. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  7. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  8. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  9. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  10. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB  :

  1. Tersedianya data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  3. Terlaksananya pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha jasa pos dan telekomunikasi;
  4. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pos dan telekomunikasi;
  5. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas

 

 

NAMA JABATAN    :      KEPALA SEKSI APLIKASI TELEMATIKA

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :

Kepala  Seksi Aplikasi Telematika mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Teknologi Informasi, Pos dan Telekomunikasi dalam melakukan pengembangan aplikasi telematika.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala  Seksi Aplikasi Telematika mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan aplikasi telematika;
  3. pelaksanaan pengembangan aplikasi telematika, E-Government dan teknologi  telematika;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi aplikasi telematika.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan aplikasi telematika;
  3. Membuat standarisasi dan audit aplikasi telematika serta rencana kegiatan pengembangan aplikasi telematika;
  4. Melakukan kegiatan pengembangan dan pemberdayaan aplikasi telematika dan pengembangan sistem jaringan interface untuk pelayanan publik, dalam rangka pelaksanaan E-Goverment dan pengembangan sistem informasi, pengembangan perangkat lunak dan konten teknologi informatika;
  5. Melakukan pengelolaan aplikasi berbasis web dalam rangka penyediaan informasi publik serta penyediaan media komunikasi interaktif bagi publik berbasis on line dan off line;
  6. Menyiapkan dan melakukan kegiatan teknis dan administratif serta fasilitasi kegiatan pengembangan aplikasi telematika;
  7. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi telematika, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  8. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  9. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  10. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  11. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB :

  1. Tersedianya data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengembangan aplikasi telematika;
  3. Terlaksananya pengembangan aplikasi telematika, E-Government dan teknologi  telematika;
  4. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi aplikasi telematika;
  5. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.