Bidang Diseminasi Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media

 

NAMA JABATAN                :     KEPALA BIDANG DISEMINASI INFORMASI,

  KOMUNIKASI  DAN KEMITRAAN MEDIA.

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI   :  

Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Diseminasi  Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media mempunyai fungsi : 

  1. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media;
  3. pelaksanaan pengembangan diseminasi informasi;
  4. pelaksanaan pengembangan komunikasi sosial dan publik;
  5. pelaksanaan pengembangan komunikasi Pemerintah  daerah;
  6. pelaksanaan kemitraan media;
  7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media.

 

B. URAIAN TUGAS   :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media;
  3. Melaksanakan penyusunan rencana dan standard prosedur kegiatan kemitraan dengan media, guna mendukung tugas-tugas dibidang informasi dan komunikasi pemerintah daerah;
  4. Melaksanakan koordinasi dan pengembangan komunikasi pemerintah daerah;
  5. Melaksanakan pelayanan komunikasi dan informasi publik melalui media komunikasi sosial masyarakat berupa tatap muka, pemutaran film dan media tradisional;
  6. Melaksanakan pengelolaan media dan pemberitaan, pendistribusian bahan-bahan pemberitaan, evaluasi pemberitaan dan pengkajian dampak media komunikasi sesuai dengan fakta yang berkembang agar dapat diketahui masyarakat;
  7. Memberikan pelayanan teknis di bidang pengembangan sistem informasi dan kelembagaan komunikasi sesuai dengan standarisasi dan ketentuan yang berlaku;
  8. Menjalin dan mengadakan kerjasama hubungan kelembagaan komunikasi sosial dan komunikasi pemerintah daerah dengan organisasi kemasyarakatan, lembaga pemerintah dan luar negeri;
  9. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  10. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanakan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  11. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  12. Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan  oleh Atasan sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

C.   TANGGUNG  JAWAB  :

  1. Tersedianya bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media;
  3. Terlaksananya pengembangan diseminasi informasi;
  4. Terlaksananya pengembangan komunikasi sosial dan publik;
  5. Terlaksananya pengembangan komunikasi Pemerintah  daerah;
  6. Terlaksananya kemitraan media;
  7. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang diseminasi informasi, komunikasi dan kemitraan media;
  8. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

 

NAMA JABATAN      :     KEPALA SEKSI DISEMINASI DAN DOKUMENTASI INFORMASI

 

A.  TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :

Kepala Seksi Diseminasi dan Dokumentasi Informasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media dalam melakukan diseminasi dan dokumentasi informasi.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Diseminasi dan Dokumentasi informasi mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional diseminasi dan dokumentasi informasi;
  3. pelaksanaan diseminasi informasi,
  4. pelaksanaan dokumentasi kegiatan;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi diseminasi dan dokumentasi informasi.

 

B.  URAIAN TUGAS :

  1. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional diseminasi dan dokumentasi informasi;
  3. Melakukan pelayanan teknis di bidang diseminasi informasi dan dokumentasi, sesuai dengan standarisasi dan ketentuan yang berlaku;
  4. Melakukan pendokumentasian seluruh kegiatan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat;
  5. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan lalu lintas, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  7. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  8. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku

 

C.   TANGGUNG JAWAB  :

  1. Tersedianya data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional diseminasi dan dokumentasi informasi;
  3. Terlaksananya diseminasi informasi,
  4. Terlaksananya pendokumentasian kegiatan;
  5. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi diseminasi dan dokumentasi informasi;
  6. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

 

 

NAMA JABATAN   :   KEPALA SEKSI KELEMBAGAAN KOMUNIKASI

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Kelembagaan Komunikasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Deseminasi Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media dalam melakukan komunikasi antar lembaga dan pengembangan lembaga komunikasi.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Kelembagaan Komunikasi mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional komunikasi antar lembaga dan pengembangan lembaga komunikasi;
  3. pelaksanaan komunikasi antar lembaga;
  4. pelaksanaan pengembangan lembaga komunikasi;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi kelembagaan komunikasi.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional komunikasi antar lembaga dan pengembangan lembaga komunikasi;
  3. Melakukan pengembangan sistem kelembagaan komunikasi, komunikasi antar lembaga, dan komunikasi sosial  masyarakat;
  4. Melakukan pembinaan dan pengembangan lembaga komunikasi masyarakat / kelompok informasi masyarakat;
  5. Menyiapkan dan melakukan kegiatan teknis dan administratif serta fasilitasi kegiatan antar lembaga, khususnya dengan organisasi sosial kemasyarakatan;
  6. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan komunikasi antar lembaga dan pengembangan lembaga komunikasi, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  7. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  8. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  9. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  10. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB :

  1. penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional komunikasi antar lembaga dan pengembangan lembaga komunikasi;
  3. pelaksanaan komunikasi antar lembaga;
  4. pelaksanaan pengembangan lembaga komunikasi;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi kelembagaan komunikasi;
  6. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

 

NAMA JABATAN    :      KEPALA SEKSI KEMITRAAN MEDIA

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI     :  

Kepala Seksi Kemitraan Media mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Deseminasi Informasi, Komunikasi dan Kemitraan Media dalam melakukan kemitraan dengan media dalam rangka mendukung tugas-tugas di bidang komunikasi dan informatika pemerintah daerah.

 

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Kemitraan Media mempunyai fungsi :

  1. penelahaan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelahaan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kemitraan dengan media;
  3. pelaksanaan kegiatan kemitraan dengan media melalui kerjasama media;
  4. pelaksanaan analisa dan pengelolaan pendapat umum di masyarakat;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi kemitraan media.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kemitraan dengan media;
  3. Memberikan pelayanan teknis di bidang kemitraan dengan media sesuai dengan standarisasi dan ketentuan yang berlaku;
  4. Melakukan analisa dan pengolahan pendapat umum di masyarakat;
  5. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan kemitraan media, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  7. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  8. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB  :

  1. Tersedianya data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Tersedianya data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kemitraan dengan media;
  3. Terlaksananya kegiatan kemitraan dengan media melalui kerjasama media;
  4. Terlaksananya analisa dan pengelolaan pendapat umum di masyarakat;
  5. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi kemitraan media;
  6. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas